Tren Pendidikan Tinggi Terbaru di Tahun 2024

By | April 1, 2024

Tren pendidikan di tahun 2024 ini dipengaruhi teknologi modern yang dapat merubah cara atau metode pembelajaran yang digunakan di dunia pendidikan saat ini. Teknologi mempunyai kekuatan untuk mengubah metode pendidikan yang tadinya tradisional menjadi lebih interaktif dan lebih menarik sehingga siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar.

Penggunaan teknologi ini juga bisa meningkatkan pengalaman belajar siswa yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Tahun ini ada banyak sekali tren pendidikan yang akan bertahan sampai tahun-tahun berikutnya dan berikut ulasan lengkap mengenai tren pendidikan tersebut.

Tren Teknologi Yang Mempengaruhi Dunia Pendidikan

Kemajuan teknologi yang sangat pesat sangat mempengaruhi bidang pendidikan, sekarang muncul teknologi-teknologi canggih yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses pembelajaran. Tren ini bukan hanya mempermudah proses pembelajaran tapi juga bisa mempengaruhi metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar dan juga mengubah cara siswa belajar.

Adanya teknologi ini membuat siswa tidak selamanya harus belajar di dalam kelas tapi bisa tetap belajar di luar lingkungan sekolah. Contoh tren teknologi yang bisa mendatangkan perubahan seperti itu bisa dilihat selengkapnya berikut ini.

AI atau Kecerdasan Buatan

Teknologi AI atau lebih dikenal dengan nama kecerdasan buatan merupakan salah satu teknologi yang dapat mengubah pendidikan di Indonesia yang dulunya pembelajaran dilakukan secara massal sekarang bisa dilakukan dengan lebih personal.

Teknologi ini bisa menganalisis informasi tentang kemajuan dan gaya belajar siswa untuk membuat strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang seperti ini nantinya proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Salah satu contoh penggunaan teknologi AI adalah kelas virtual dan tutor AI. Tutor ini bisa memberikan bantuan kepada siswa secara lebih personal sehingga siswa bisa cepat menyelesaikan masalah yang dihadapinya selama mengikuti proses pembelajaran.

Sedangkan manfaat kelas virtual adalah memungkinkan siswa untuk bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih berkualitas tanpa harus berada di sekolah. Hal ini sudah tentu bermanfaat untuk siswa yang rumahnya berada di daerah terpencil atau tidak mempunyai akses ke lembaga pendidikan bertaraf internasional.

AR atau Augmented Reality

Augmented Reality atau AR merupakan sebuah teknologi yang menyisipkan informasi berupa gambar atau video yang dihasilkan perangkat komputer ke dunia nyata. Teknologi ini bisa memberikan pengalaman yang interaktif dan imersif kepada penggunanya.

Dalam dunia pendidikan, teknologi ini berpotensi meningkatkan keterlibatan siswa dengan cara membuat materi pelajaran menjadi lebih hidup. Contohnya siswa bisa memakai aplikasi AR untuk membuat model 3D virtual yang bisa menjelaskan materi pelajaran yang dipelajari. Misalnya membuat artefak sejarah dalam bentuk 3D.

Teknologi ini juga bisa dimanfaatkan dalam pengaturan pendidikan untuk meningkatkan output atau hasil pembelajaran. Contohnya penggunaannya adalah dalam menerangkan materi Ilmu Pengetahuan Alam bisa menggunakan teknologi ini untuk mensimulasikan percobaan yang dilakukan oleh siswa.

Sedangkan dalam pelajaran sejarah, teknologi ini juga dapat dimanfaatkan untuk merekonstruksi peristiwa bersejarah yang terjadi di Indonesia. Dengan bantuan teknologi ini nantinya siswa bisa memvisualisasikan peristiwa bersejarah dan bisa merasakan masa lalu yang dialami para pahlawan secara lebih nyata.

Baca juga : Platform Pembelajaran Online: Manfaat dan Contoh Platformnya

Teknologi Blockchain

Teknologi blockchain juga sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan dan salah satu manfaatnya adalah menyediakan solusi inovatif untuk menjamin keamanan dan juga integritas data akademik. Kalau memakai teknologi blockchain nantinya catatan akademik bisa disimpan secara terenkripsi sehingga lebih aman dan bisa mencegah terjadinya pemalsuan dan perubahan data yang dilakukan tanpa izin.

Hal ini bisa memberikan kepercayaan kepada guru, siswa dan juga lembaga pendidikan bahwa data-data akademik milik mereka yang sudah tersimpan terlindungi dengan sangat baik. Selain itu, teknologi ini juga dapat memverifikasi autentisitas, kualifikasi dan sertifikasi sehingga sertifikasi yang diterbitkan lembaga pendidikan bisa langsung diverifikasi secara transparan.

Dengan adanya kemampuan teknologi ini maka tidak akan lagi ada pihak yang meragukan atau merasa curiga dengan dokumen maupun data yang dibagikan lembaga pendidikan. Hal ini juga bisa mengurangi biaya administrasi karena tidak perlu lagi membayar pihak ketiga untuk melakukan verifikasi keaslian dokumen sertifikat maupun dokumen jenis lainnya.

Sekarang sudah ada beberapa badan sertifikasi dan lembaga pendidikan yang mulai memanfaatkan teknologi ini untuk memperbaiki dan menyempurnakan proses manajemen data milik mereka. Salah satu contoh badan yang sudah menerapkan blockchain adalah Badan Sertifikasi Profesi.

Badan ini memakai blockchain untuk memverifikasi sertifikasi profesional dan menyimpan data dokumen secara digital. Dengan memanfaatkan blockchain maka keamanan data menjadi lebih baik dan mempermudah proses validitas data.

Gamifikasi Pembelajaran

Teknologi game sekarang juga banyak dimanfaatkan di dunia pendidikan. Metode pembelajaran yang memanfaatkan game lebih sering disebut gamifikasi. Metode pembelajaran ini mengintegrasikan elemen yang ada di permainan ke dalam proses belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan motivasi dan juga keterlibatan siswa.

Contoh elemen-elemen yang dimasukkan adalah poin, hadiah dan tingkat atau level. Penggunaan elemen-elemen tersebut bisa membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan siswa merasa senang saat mengikuti pembelajaran.

Saat ini sudah ada beberapa platform pembelajaran yang sukses menerapkan metode seperti ini. Platform pembelajaran online yang menggunakan metode gamifikasi bisa membuat siswa lebih tertarik untuk belajar karena platform seperti ini akan menggunakan sistem level dan poin yang bisa membuat belajar menjadi lebih menantang.

Siswa yang memakai platform seperti ini diharuskan untuk menyelesaikan misi harian agar bisa mendapatkan poin yang nantinya kalau dikumpulkan dalam jumlah yang banyak bisa membuat siswa mendapatkan peringkat yang tinggi di platform.

Penerapan metode ini sudah memberikan banyak sekali dampak positif, diantaranya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan retensi materi pelajaran dan juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Untuk guru yang ingin memanfaatkan metode seperti ini sebaiknya pelajari terlebih dahulu tentang sistem game mobil maupun game online agar tidak kesulitan saat memasukkan elemen game di dalam kegiatan pembelajaran.

Internet of Things atau IoT

Sekarang juga mulai banyak institusi pendidikan yang menerapkan Internet of Things karena teknologi ini bisa meningkatkan keamanan data di institusi pendidikan secara signifikan. Dengan memanfaatkan sensor dan juga perangkat pintar, lembaga atau institusi pendidikan bisa memantau area sekolah atau kampus secara real time.

Lembaga pendidikan bisa mendeteksi potensi terjadinya masalah keamanan dan bisa langsung memberikan respon terhadap masalah tersebut sehingga masalah cepat teratasi. Selain itu, teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan peserta didik dengan cara memberikan kartu pintar atau gelang yang dapat memberikan informasi keberadaan siswa di lingkungan sekolah.

Teknologi ini juga bisa meningkatkan efisiensi di dalam lingkungan pendidikan melalui penggunaannya di kelas pintar. Contohnya memasang sensor di ruang kelas untuk memantau kualitas udara, suhu yang ada di dalam kelas agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk siswa.

Teknologi ini juga akan sangat bermanfaat untuk siswa apabila dihubungkan dengan perangkat komputer atau tablet. Contoh manfaatnya adalah mempermudah siswa untuk mengakses materi pembelajaran dengan lebih efektif dan juga bisa memfasilitasi kolaborasi antara guru dan siswa

Cloud Computing

Cloud computing juga memberikan dampak yang cukup signifikan di bidang pendidikan terutama dalam hal efisiensi dan aksesibilitas. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan teknologi ini, contohnya adalah memudahkan siswa mengakses materi pelajaran.

Guru dan siswa bisa mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja selama perangkat yang digunakan terhubung dengan internet. Hal ini bisa membuat proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan akan memungkinkan siswa yang lokasinya berada di pedalaman tetap bisa mengikuti pendidikan.

Manfaat yang kedua adalah meningkatkan kolaborasi antara guru dan siswa. Platform yang sudah menggunakan teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan, berbagi dan melakukan kolaborasi data secara langsung atau real time.

Guru bisa dengan mudahnya memperbaharui materi pembelajaran menggunakan platform. Siswa yang membutuhkan materi pembelajaran bisa langsung mendownload materinya di platform tanpa harus meminta izin ke guru terlebih dahulu.

Manfaat yang ketiga adalah menghemat biaya untuk manajemen data. Lembaga pendidikan yang sudah menggunakan teknologi ini tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang banyak untuk infrastruktur IT dan juga pemeliharaan data.

Lembaga pendidikan hanya perlu membayar biaya penggunaan layanan cloud saja tanpa harus memikirkan biaya untuk membayar biaya keamanan data. Hal ini bisa terjadi karena layanan cloud sudah sangat bagus sistem keamanannya sehingga tidak perlu lagi membayar orang untuk mengamankan data atau memanage data.

Dampak Positif Munculnya Tren Pendidikan

Munculnya tren-tren pendidikan membawa dampak yang sangat positif untuk dunia pendidikan. Contoh dampak yang saat ini sudah dirasakan adalah pendidikan menjadi lebih mudah diakses. Kalau dulu untuk mengakses materi ataupun sumber daya pendidikan masih terasa sangat sulit apabila lokasi siswa cukup jauh dari pusat pendidikan.

Sekarang tidak lagi merasakan kesusahan seperti ini dikarenakan siswa bisa tetap mengakses materi yang dibutuhkan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi internet. Penggunaan teknologi internet ini selain bisa mempermudah mengakses internet materi juga bisa membuat kemampuan teknologi yang dimiliki siswa meningkat drastis.

Selain itu, tren pendidikan juga bisa membuat pendidikan menjadi lebih personal. Maksudnya adalah siswa bisa tetap belajar di rumah secara mandiri tanpa harus berada di dalam kelas belajar bersama teman. Metode belajar yang seperti ini sangat bermanfaat untuk siswa karena siswa mendapatkan kebebasan untuk mencari sumber-sumber materi lainnya yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi yang sudah dipelajarinya di sekolah.

Siswa yang memiliki banyak aktivitas juga sangat terbantu dengan adanya tren pendidikan karena waktu belajar bisa disesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki. Adanya tren ini juga meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peningkatan ini bisa terjadi dikarenakan guru dan siswa saat mengikuti proses pembelajaran tidak hanya membaca buku saja tapi juga menggunakan teknologi.

Pemanfaatan teknologi inilah yang dapat membuat kualitas pendidikan meningkat drastis karena yang namanya teknologi bisa membuat guru mendapatkan materi pembelajaran yang jauh lebih berkualitas dan mempermudah siswa saat mempelajari materi yang guru berikan. Jika kualitas pendidikan sudah meningkat pastinya sumber daya manusia di Indonesia juga akan lebih berkualitas dan inilah yang akan membantu Indonesia untuk terus berkembang.