Program Pengembangan Karir: Tujuan, Langkah dan Contohnya

By | March 1, 2024

Pengembangan karir merupakan sebuah program yang dapat meningkatkan kapasitas dan juga kapabilitas karyawan. Program ini juga bisa membuat perusahaan menjadi lebih cepat berkembang. Jadi bisa disimpulkan bahwa program ini tidak hanya bermanfaat untuk karyawan saja.

Akan tetapi perusahaan juga akan merasakan manfaat dari mengadakan program ini. Untuk perusahaan yang tertarik mengadakan program pengembangan karir sebaiknya baca ulasan berikut ini agar tahu semua hal yang berhubungan dengan program ini.

Apa Itu Pengembangan Karir?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai pengembangan karir, kita bahas terlebih dahulu sebenarnya apa itu pengembangan karir. Program pengembangan karir merupakan serangkaian program atau strategi yang dirancang perusahaan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan juga kemampuan karyawan.

Perusahaan wajib untuk mengadakan program ini secara berkala agar sumber daya manusia yang dimiliki mempunyai kemampuan yang bagus sehingga perusahaan bisa berkembang tanpa mengalami kendala apapun.

Program ini selain dibuat untuk meningkatkan kemampuan karyawan ternyata pembuatan program ini memiliki tujuan lainnya. Untuk mengetahui apa saja tujuannya bisa lihat ulasan lengkapnya berikut ini.

  • Memudahkan proses administrasi kepegawaian khususnya proses promosi karyawan atau promosi jabatan.
  • Memberikan kepastian karir karyawan di dalam lingkup perusahaan.
  • Memudahkan manajemen saat menyelenggarakan program pengembangan sumber daya manusia sesuai rencana pengembangan perusahaan.
  • Menyesuaikan antara tujuan dan kebutuhan karyawan dengan kesempatan karir yang ada di perusahaan.

Untuk bisa mewujudkan tujuan-tujuan tersebut maka perusahaan harus bisa mengadakan program yang terstruktur agar nantinya karyawan bisa mengikuti program dengan baik mulai dari awal diadakannya program sampai program berakhir.

Tata Cara Menciptakan Program Pengembangan Karir

Perusahaan yang mengadakan program seperti ini bukan saja perusahaan besar tapi perusahaan kecil juga mulai banyak yang mengadakan program seperti ini karena pengembangan karir bisa mendatangkan banyak sekali manfaat untuk perusahaan. Kalau tertarik mengadakan program pengembangan karir ini sebaiknya ikuti beberapa langkah berikut ini agar program yang diadakan bisa sukses.

Menetapkan Struktur Organisasi

Pengembangan karir bisa sukses diadakan apabila perusahaan memahami terlebih dahulu kebutuhan perusahaan. Caranya adalah membuat struktur organisasi di setiap posisi dengan lebih jelas. Pada proses ini, akan menentukan tanggung jawab masing-masing karyawan termasuk rencana untuk kompensasi setiap posisi yang ada di perusahaan.

Mengembangkan Pemetaan Karir

Perusahaan juga harus memetakan jalur karir untuk semua posisi karyawan secara detail. Misalnya ada karyawan yang memegang posisi sebagai resepsionis menunjukkan bakat di bidang keuangan. Perusahaan harus memberikan pelatihan untuk karyawan tersebut agar kemampuan yang dimiliki di bidang keuangan bisa menjadi lebih hebat. Kalau kemampuannya sudah bagus, karyawan tersebut bisa pindah posisi ke tim keuangan.

Baca juga : Trik Mencapai Keseimbangan Kerja dan Hidup

Melakukan Diskusi Dengan Karyawan

Agar tidak mengalami kendala saat program diadakan sebaiknya tim HRD dan manajer harus berdiskusi terlebih dahulu dengan karyawan mengenai program ini. Meskipun pihak perusahaan sudah membuat peta karir karyawan dengan sempurna tapi tetap harus melakukan diskusi karena karyawan memiliki cita-cita dan harapan karir yang berbeda-beda. Perusahaan harus bisa menyelaraskan rencana pengembangan karir dengan peta karir karyawan yang sudah dibuat.

Membuat Action Plan

Perusahaan juga harus membuat action plan secara spesifik dari langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas tadi. Pembuatan rencana ini membuat karyawan bisa memanfaatkan program pengembangan yang diadakan perusahaan dengan lebih baik.

Contoh Program Pengembangan Karir

Program ini bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk perusahaan sehingga mulai banyak perusahaan di Indonesia yang rutin mengadakan program pengembangan karir ini. Sudah ada beberapa contoh program yang perusahaan adakan berjalan dengan sukses, seperti beberapa program pengembangan yang ada di bawah ini.

Rotasi Pekerjaan

Program rotasi pekerjaan merupakan praktik di mana Karyawan akan dipindahkan ke salah satu departemen yang ada di perusahaan. Program ini banyak diadakan karena bisa memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memperoleh pemahaman mengenai kegiatan operasional perusahaan. Rotasi pekerjaan juga bisa membuat karyawan dapat berinteraksi dengan anggota tim lainnya sehingga kemampuan yang dimiliki karyawan meningkat drastis.

Contoh pelaksanaan program ini adalah manajer keuangan dipindahkan ke bagian teknologi informasi. Dari program ini nantinya manajer keuangan bisa belajar teknologi informasi, ilmu yang didapatkan nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengatur keuangan perusahaan dengan lebih baik. Program ini sebaiknya dilakukan secara berkala agar semua karyawan yang ada di perusahaan bisa merasakan pengalaman bekerja di posisi yang berbeda.

Proyek Khusus

Perusahaan juga harus memberikan kesempatan ke karyawan untuk bisa bekerja di proyek-proyek khusus yang dapat memberikan tantangan untuk karyawan. Cara seperti ini sangat efektif untuk mendorong karyawan agar bisa mendapatkan karir yang lebih bagus.

Biasanya proyek khusus yang diadakan perusahaan melibatkan beberapa departemen di perusahaan sehingga mendorong karyawan agar berpikir lebih kreatif untuk bisa menemukan solusi yang dapat membuat proyek berjalan lancar.

Contoh pelaksanaannya adalah tim IT membuat tim gabungan antara beberapa departemen untuk menemukan solusi yang inovatif dalam mengatasi permasalahan tertentu. Proyek seperti ini memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah meningkatkan kemampuan kerja sama antar departemen dan juga memberikan kesempatan untuk karyawan agar bisa menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang mereka miliki.

Baca juga : Kenali Tujuan Pengembangan Diri

Seminar dan Konferensi

Perusahaan yang tidak ingin mengadakan program pengembangan di area perusahaan juga bisa mengirimkan karyawan mengikuti seminar atau konferensi untuk mendukung pengembangan karir karyawan.

Seminar yang diikuti karyawan bisa memberikan kesempatan untuk memperdalam kemampuan dan pengetahuan karyawan mengenai tren industri yang sedang populer saat ini. Seminar ini juga bisa membantu karyawan untuk berinteraksi dengan orang-orang ahli di bidang yang sama.

Contohnya adalah ahli keuangan mengikuti seminar internasional tentang tren keuangan yang sedang populer. Dari mengikuti seminar ini nantinya karyawan dapat mempelajari strategi keuangan terbaru yang dapat dimanfaatkan untuk merubah sistem keuangan di perusahaan menjadi lebih bagus.

Kursus dan Pelatihan

Program pengembangan sederhana yang dapat diadakan perusahaan yaitu melalui program kursus dan pelatihan yang dilakukan secara rutin di perusahaan. Perusahaan yang ingin mengadakan pelatihan bisa menyelenggarakan pelatihan secara internal yang difokuskan untuk meningkatkan keterampilan khusus milik karyawan.

Jika perusahaan tidak ingin repot bisa juga mengirim karyawan untuk ikut kursus atau pelatihan eksternal yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang digeluti karyawan. Sebagai contohnya adalah departemen keuangan bisa mengadakan pelatihan tentang strategi keuangan yang efektif.

Dari pelatihan ini, karyawan bisa belajar tentang cara mengatur keuangan perusahaan yang baik dan benar. Selain itu, bisa juga mempelajari cara menganalisis data keuangan untuk dijadikan bahan membuat strategi keuangan di periode berikutnya.

Coaching dan Mentoring

Program mentoring merupakan cara yang sangat ampuh untuk bisa mendukung mengembangkan karir karyawan. Dalam program ini, karyawan yang sudah senior dan berpengalaman akan bertindak sebagai mentor atau sebagai instruktur untuk karyawan junior.

Program ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk karyawan, contohnya adalah membantu karyawan mendapatkan panduan dari karyawan yang lebih senior dan berpengalaman. Mentoring ini juga dapat mempererat ikatan antara karyawan senior dengan karyawan junior.

Contoh pelaksanaan program mentoring ini adalah Direktur Pemasaran yang sudah memiliki pengalaman bekerja bertahun-tahun bisa menjadi mentor untuk supervisor pemasaran yang baru bergabung dengan perusahaan. Direktur bisa menerangkan bagaimana cara kerja di perusahaan berikut dengan menjelaskan tugas-tugas yang harus dilakukan selama bekerja.

Manfaat Program Pengembangan Karir

Perusahaan sangat disarankan untuk mengadakan program pengembangan karir karena program ini bisa memberikan banyak manfaat untuk perusahaan dan juga karyawan. Contoh manfaat yang bisa dirasakan perusahaan dan karyawan bisa dilihat selengkapnya berikut ini.

Mendapatkan Pengakuan dan Penghargaan

Karyawan yang rutin mengikuti program pengembangan ini bisa mendapatkan pengakuan dan juga penghargaan atas upaya yang sudah dilakukan. Perusahaan akan lebih menghargai karyawan-karyawan yang mampu mencapai tujuan dengan baik dan bisa mengembangkan diri ke arah yang lebih baik. Penghargaan yang diberikan perusahaan tidak hanya membuat karyawan menjadi bangga tetapi juga bisa meningkatkan motivasi karyawan untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki.

Meningkatkan Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Pengembangan karir tidak hanya fokus di pekerjaan saja tetapi juga akan membantu karyawan untuk bisa mengembangkan keterampilan mengatur waktu. Manfaat ini tentunya bisa membantu karyawan untuk menciptakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Karyawan bisa mengatur waktu dengan baik sehingga dapat lebih produktif saat bekerja dan tetap bisa menjalani kehidupan pribadi dengan sangat baik sehingga tidak mengalami permasalahan dalam rumah tangga.

Meningkatkan Motivasi Karyawan

Perusahaan yang ingin karyawannya selalu semangat dalam bekerja maka wajib mengadakan program pengembangan ini karena dari program ini motivasi karyawan bisa meningkat. Hal ini bisa terjadi karena karyawan mendapatkan pengakuan dari perusahaan sehingga mempunyai motivasi untuk memperbaiki diri agar lebih diakui oleh perusahaan.

Ketika perusahaan memberikan penghargaan atau pengakuan, karyawan merasa didukung sehingga memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Karyawan yang memiliki motivasi tinggi seperti ini bisa memberikan kontribusi positif untuk perusahaan.

Meningkatkan Kualifikasi Pribadi

Pengembangan karir juga dapat membantu karyawan untuk memperoleh kualifikasi pribadi yang dapat berkontribusi pada perkembangan karir mereka. Contohnya adalah karyawan mengikuti kursus atau pelatihan internal yang diadakan perusahaan.

Dari mengikuti program ini, karyawan bisa mendapatkan kemampuan baru yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan. Jika perusahaan tidak mengadakan pelatihan, karyawan juga bisa mengikuti pelatihan eksternal atau kursus di tempat lain untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya.

Meningkatkan Inovasi di Dalam Perusahaan

Program pengembangan karir bukan hanya bermanfaat untuk karyawan saja tetapi perusahaan juga merasakan manfaat dari diadakannya program ini. Contoh manfaatnya adalah perusahaan bisa mendapatkan ide-ide inovatif yang dihasilkan masing-masing karyawan yang sudah mengikuti program pengembangan ini. Dengan adanya ide-ide baru maka perusahaan bisa mengembangkan strategi bisnis baru yang dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan.

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Perusahaan yang rutin mengadakan program ini akan memiliki reputasi yang sangat bagus karena semua karyawan yang dimiliki mempunyai kemampuan yang bagus. Dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas bisa membuat perusahaan mampu memenangkan persaingan antar perusahaan, baik itu dalam bidang bisnis maupun persaingan saat merebutkan tenaga kerja berkualitas.