Platform Pembelajaran Online: Manfaat dan Contoh Platformnya

By | June 16, 2024

Belajar di rumah maupun di kelas sangat membutuhkan alat yang tepat agar bisa tetap terhubung dengan guru atau siswa. Sekarang ini, mulai banyak sekolah di Indonesia yang menggunakan alat pembelajaran berupa platform pembelajaran online untuk bisa mempermudah proses belajar mengajar.

Penggunaan platform ini bukan saja memberikan manfaat untuk siswa tapi juga memberikan banyak manfaat untuk guru. Untuk yang belum mengetahui manfaat dari platform ini sebaiknya baca ulasan mengenai manfaat dan contoh platform pembelajaran online di bawah ini.

Manfaat Menggunakan Platform Pembelajaran Virtual

Guru-guru muda sekarang banyak yang memakai platform pembelajaran karena platform ini sudah terbukti mampu memberikan banyak manfaat untuk guru saat melakukan proses pembelajaran. Meskipun platform ini sudah terbukti bermanfaat tapi masih banyak guru yang tidak menggunakannya karena tidak tahu secara pasti bagaimana cara penggunaannya.

Memang pada saat pertama kali menggunakan platform sering sekali mengalami kesulitan tapi kalau sudah mahir menggunakan platform bisa merasakan beberapa manfaat seperti di bawah ini.

Memberikan Umpan Balik Secara Langsung

Platform pembelajaran bisa memberikan kemudahan bagi guru untuk memberi materi dan siswa bisa lebih mudah mendapatkan umpan balik dengan lebih cepat. Umpan balik ini bisa didapatkan siswa karena platform pembelajaran bisa langsung digunakan setelah guru selesai memberikan pelajaran kepada siswa.

Dengan adanya bantuan platform ini maka penilaian bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga guru bisa segera langsung mengevaluasi nilai-nilai siswa agar di kemudian hari bisa mendapatkan nilai yang lebih bagus.

Laporan penilaian yang disediakan platform ini bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dialami siswa dan bisa dijadikan acuan untuk menentukan metode pembelajaran yang paling cocok digunakan.

Memberikan Fleksibilitas

Guru sangat disarankan untuk menggunakan platform ini karena platform pembelajaran bisa memberikan fleksibilitas kepada siswa dan guru. Dengan menggunakan platform ini nantinya siswa tidak perlu berada di dalam kelas untuk mendapatkan materi pelajaran atau tugas dari guru. Materi pelajaran bisa diakses melalui platform ini dari rumah atau dari luar lingkungan sekolah.

Agar siswa bisa mendapatkan materi maka guru harus mengunggah materi yang akan dibagikan di platform terlebih dahulu sehingga siswa bisa mendownload materi tersebut. Begitu juga kalau ingin memerintahkan siswa untuk mengerjakan tugas atau mengerjakan soal latihan maka perlu mengunggah tugas dan soal tersebut. Hal ini bisa memberikan fleksibilitas mengatur waktu untuk belajar.

Baca juga : Macam-Macam Metode Pengajaran Inovatif Terbaru 2024

Mengurangi Kecemasan

Masih banyak siswa yang merasa ketakutan dan merasa cemas saat mengangkat tangan di depan siswa lain untuk bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru. Rasa cemas dan ketakutan ini bisa menghambat siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa sulit untuk pintar. Hal ini dikarenakan ada beberapa materi yang tidak dipahami tapi tidak berani untuk menanyakan ke guru.

Rasa cemas ini juga bisa membuat siswa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan nilai yang bagus karena tidak berani maju ke depan untuk mengerjakan soal. Kalau menggunakan platform tidak akan ada lagi rasa cemas dan takut di dalam diri siswa. Karena platform dapat memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk berpartisipasi di dalam sebuah forum atau papan diskusi tanpa harus mengangkat tangan.

Meningkatkan Ketrampilan Teknologi

Platform pembelajaran bukan saja bisa memberikan kemampuan pemahaman materi yang lebih mendalam kepada siswa saja tetapi juga bisa meningkatkan keterampilan atau kemampuan dalam menggunakan teknologi.

Kemampuan ini bisa meningkat dikarenakan saat menggunakan platform ini, siswa harus menggunakan perangkat seperti komputer atau smartphone sehingga secara tidak langsung siswa harus belajar bagaimana caranya menggunakan komputer untuk menggunakan platform.

Jadi semakin sering menggunakan platform ini maka secara otomatis kemampuan penggunaan komputer menjadi lebih bagus. Kemampuan seperti ini sangat berguna untuk siswa karena sekarang banyak sekali sekolah-sekolah elite yang membutuhkan siswa dengan kemampuan teknologi yang bagus. Siswa yang ingin bekerja setelah lulus juga bisa memanfaatkan kemampuan ini untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan swasta maupun negeri milik pemerintah.

Menghemat Biaya Sekolah

Penggunaan platform juga bisa menghemat biaya sekolah, kalau dulunya harus mengeluarkan uang untuk fotocopy materi, mengeprint tugas atau mempersiapkan alat tulis untuk mencatat materi sekarang tidak perlu lagi mengeluarkan uang tersebut. Karena platform sudah menyediakan materi dan tugas yang dapat dilihat di layar komputer maupun smartphone.

Siswa yang mendapatkan tugas di platform tidak perlu menulis tugas di kertas atau mencetak tugas yang sudah dikerjakan untuk diserahkan ke guru. Siswa hanya perlu mengirim file tugas ke guru untuk nantinya bisa langsung dinilai oleh guru di platform. Materi-materi yang tersedia di platform juga tidak perlu dicetak, cukup didownload saja kemudian simpan di komputer untuk nantinya dipelajari.

Mempermudah Orang Tua Mengawasi Anaknya

Manfaat platform ini tidak hanya dirasakan oleh guru dan siswa saja tetapi orang tua juga merasakannya. Manfaat yang bisa dirasakan orang tua adalah orang tua lebih mudah untuk mengawasi anak saat belajar. Untuk mendapatkan informasi mengenai prestasi atau nilai yang diperoleh anak, orang tua tidak perlu lagi menanyakan informasi ini ke guru karena informasi nilai sudah tersedia di platform.

Jadi kalau ada orang tua yang ingin mengetahui nilai ujian anak bisa langsung masuk ke platform untuk mengecek informasi tersebut. Orang tua juga bisa mengetahui apa saja materi pelajaran yang sudah dipelajari oleh anak di platform ini. Adanya keterlibatan orang tua seperti ini nantinya pekerjaan guru untuk mengawasi siswa akan terasa lebih mudah.

Baca juga : Tren Pendidikan Tinggi Terbaru di Tahun 2024

Tips Memilih Platform Pembelajaran Online

Pengajar yang ingin menggunakan platform pembelajaran ini sebaiknya memilih platform terlebih dahulu karena tidak semua platform bisa digunakan secara bebas dan gratis oleh siswa maupun guru. Kalau ingin mendapatkan platform yang bagus maka perlu memperhatikan reputasi platform terlebih dahulu. Pastikan platform memiliki reputasi yang bagus dibuktikan dengan adanya testimoni-testimoni positif dari pengguna platform.

Selain itu, cek fitur yang disediakan platform sebelum menggunakan platform. Sebaiknya memilih platform yang fiturnya lengkap dan usahakan untuk menggunakan platform yang fiturnya dapat mempermudah dan mempercepat proses pembelajaran.

Pastikan fitur yang disediakan platform bisa digunakan secara bebas tanpa harus membayar biaya tambahan selain biaya langganan yang sudah dibayarkan. Ini hanya berlaku kalau platform yang digunakan merupakan platform berbayar.

Guru juga perlu memperhatikan jumlah pengguna platform karena jumlah pengguna sangat mempengaruhi kualitas platform pembelajaran. Kalau ingin menggunakan platform yang kualitasnya bagus sebaiknya pilih platform yang penggunanya sudah banyak minimal mencapai puluhan juta.

Perhatikan juga rating platform di mesin pencarian online atau di Google Play Store atau App Store. Pilih aplikasi yang rating lebih dari 4.0, aplikasi dengan rating seperti ini biasanya mudah digunakan dan tidak bermasalah saat dipakai untuk proses pembelajaran.