Perkembangan AI di Tahun 2024

By | June 1, 2023

Setiap tahun perkembangan AI terus mengalami percepatan dan ada beberapa tren AI di tahun 2024 yang akan populer. Kecerdasan buatan atau AI menjadi inovasi terbaru yang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Mulai banyak perkembangan AI yang dilihat di tahun 2024 dan sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat.

Di tahun lalu, tren Large Language Model atau LLM sangat populer dan akan ada tren AI lainnya yang tidak kalah populernya di tahun 2024. Adanya AI diharapkan bisa meningkatkan produktivitas serta mempercepat sejumlah proses kerja. Nah, di bawah ini ada beberapa tren perkembangan AI tahun 2024 yang akan semakin populer dan bisa Anda rasakan.

Tren AI 2024 Terpopuler

Ada beberapa tren AI tahun 2024 yang akan menjadi inovasi baru dan sangat populer, seperti:

1. Augmented Working

Augmented Working merupakan salah satu tren AI yang akan terus berkembang di tahun 2024 ini. Bahkan Augmented Working termasuk AI yang bisa menjadi partner kerja sangat penting dan berharga. Ahli bedah di bidang kesehatan juga dapat bekerja menggunakan diagnostik yang telah didukung oleh AI maupun software developer yang mengerjakan coding sesuai dari saran AI.

Hal ini memungkinkan untuk lebih hemat waktu dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Selain itu, adanya peningkatan kerja remote dan juga pendidikan secara online juga dapat menghadirkan kurikulum yang bisa mengikuti adanya dinamika tim secara virtual. Di tahun 2024 ini akan banyak menemukan tren AI yang dapat menunjang produktivitas serta memiliki keunggulan lebih canggih dari teknologi yang sudah ada sebelumnya.

2. GenAI

GenAI atau dikenal dengan Generasi Baru AI juga akan muncul dan terus berkembang di tahun 2024. Perlu Anda ketahui bahwa teknologi tidak hanya terbatas pada chatbot saja maupun meme generator saja. Kehadiran GenAI memungkinkan muncul inovasi terbaru yang serba bisa dan semakin canggih, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sistem AI bahkan bisa merangkai narasi secara kompleks, menulis penulis untuk membuat novel yang bagus, menyusun koreografi sampai memudahkan kerja bagi para desainer. Hal inilah yang membuat AI semakin serba bisa dan dapat dimanfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari. Selain cukup mahir untuk menyelasarkan input pada teks, namun juga AI bisa menciptakan hal lain dari melodi, gambar sampai suara.

Di dalam kehidupan sehari-hari, teknologi AI menciptakan banyak peluang, seperti membuat konten hingga pengalaman multi sensori yang sangat menarik. Namun, Anda harus memaksimalkan AI dengan baik saat menggunakannya. AI menjadi pendukung yang sangat berharga untuk memudahkan mengerjakan suatu pekerjaan jika dimanfaatkan dengan maksimal.

Baca juga : Aplikasi Blockchain Dalam Bisnis dan Manfaatnya

3. Regulasi AI

Adanya perkembangan AI dari tahun ke tahun yang belum pernah terjadi tersebut bukan hanya membuat para ahli teknologi terkagum. Namun juga bagi mereka para pemimpin dunia juga merasa kagum dengan kehadiran teknologi AI yang terus berkembang hingga saat ini. Mereka juga sangat menyoroti AI yang semakin berkembang di dalam kehidupan sehari-hari dengan hadirnya inovasi baru pada AI.

Bahkan di sejumlah negara besar, seperti India, Tiongkok, Uni Eropa dan Amerika Serikat mulai mengembangkan kebijakan AI secara komprehensif. Tujuan dari regulasi AI tidak hanya untuk mempercepat kehadiran teknologi terbaru secara merata, namun juga untuk menarik minat investasi secara global hingga melindungi masyarakat dari kehadiran AI yang tidak bisa terprediksi.

Baca juga : Perkembangan Prospek Komputasi Kuantum di Masa Depan

4. Ethical AI

Etika dalam menggunakan AI menjadi perbincangan besar saat ini dan membuatnya banyak pihak yang merasa ragu dengan hal tersebut. Apalagi selama mekanisme AI menghadirkan banyak informasi dalam mengambil keputusan, transparansi serta keadilan merupakan faktor yang sangar penting. Terlebih lagi model AI semakin fleksibel dan bisa dimanfaatkan kapan saja dan dengan situasi apa saja.

Tantangan besar dari perkembangan AI saat ini adalah usaha rekayasa algoritma secara netral dan juga implementasi secara standar yang cukup ketat supaya bisa memastikan mekanisme AI bisa berjalan dengan baik, konsisten dan dapat bertanggung jawab. Di tahun 2024 ini minat pada pendidikan etika AI semakin meningkat dan bisa dimanfaatkan untuk penelitian serta pengembangan AI yang lebih canggih.

5. Quantum AI

Quantum AI yang merujuk dengan komputasi kuantum memang masih terdengar asing di masyarakat umum. Kehadiran Quantum AI ini seperti cerita science fiction, namun dari halaman fiksi ke dalam kenyataannya sudah terjadi seiring dengan perkembangan penelitian AI. Di tahun 2024 ini jadi penanda perkembangan AI di segala bidang akan terus terjadi dan berkembang.

Pemanfaatan AI tidak hanya sekedar pada teknologi yang kita kenal saat ini saja, namun juga startup baru juga dapat memanfaatkan serta memberdayakan AI agar bisa mengerjakan pengembangan solusi kuantum dengan baik. Apalagi pada sektor yang perlu menggunakan penyelesaian masalah lebih kompleks dengan menggunakan atau mengandalkan Quantum AI.

AI bisa diimplementasikan pada berbagai macam hal atau kondisi dan AI juga dapat membentuk ekosistem teknologinya sendiri. Bahkan ekosistem AI juga hadir menjadi strategi utama bukan hanya bagian dari strategi saja. AI juga mampu mengatasi sejumlah tantangan yang ada, seperti produksi pangan, manufaktur, perubahan iklim, layanan kesehatan dan masih banyak lagi.

Dengan melihat tren teknologi AI yang terus berkembang di tahun 2024 ini, kita juga harus bisa mengikuti dengan segala macam perubahan yang terjadi supaya bisa mengadopsinya dengan cepat di dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan tersebut pasti akan terjadi meskipun Anda tidak suka dan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Quantum AI juga membawa revolusi pada dunia perhitungan untuk mengatasi keterbatasan bit yang hanya bisa bernilai 1 maupun 0. Dengan menerapkan prinsip superposisi, maka Quantum AI bisa memberikan percepatan lebih signifikan untuk menyelesaikan suatu masalah yang membutuhkan perhitungan dengan tingkat tinggi.

6. Autonomous Agents

Autonomous Agents merupakan salah satu program AI yang bisa berinteraksi secara responsif dan cerdas, merespon maupun berinteraksi secara mandiri, mengambil keputusan tanpa perlu adanya intervensi dari manusia.

Program AI yang satu ini bisa menyederhanakan alur pekerjaan dan memudahkan otomatisasi pada tugas secara repetitif, sehingga hal ini memungkinkan para karyawan bisa fokus dengan aspek yang lebih penting dan kreatif pada pekerjaan yang mereka lakukan.

Kehadiran program AI ini juga dapat menghemat waktu yang bisa dihabiskan untuk melakukan secara manual dan bisa membantu para perusahaan untuk meningkatkan produktivitas serta efisiensi yang menyeluruh. Adanya pengetahuan kontekstual yang baik, maka bisa mendapatkan banyak keuntungan yang lainnya.

Autonomous Agents masih diminati pada tahun 2024 ini sebab dapat memberikan dampak cukup besar di bidang bisnis di sejumlah sektor, seperti ritel, pariwisata, pendidikan dan yang lainnya. Perkembangan AI yang sangat drastis ini juga dapat mengancam kehidupan manusia, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

Agar pemanfaatan AI lebih maksimal bagi perusahaan, maka perlu menerapkan etchical AI. Ethical AI merupakan AI yang diciptakan dengan panduan yang dapat menjaga nilai-nilai secara fundamental, seperti hak privasi, non manipulasi dan juga non diskriminasi.

Nah, jadi seperti itulah perkembangan tren AI tahun 2024 yang perlu Anda ketahui dan pelajari dengan baik.