Macam-Macam Metode Pengajaran Inovatif Terbaru 2024

By | May 15, 2024

Dunia pendidikan sekarang makin berkembang seiring perkembangan zaman. Kalau pada waktu dulu metode pembelajaran hanya satu arah maka saat ini sudah bisa dua arah dikarenakan mulai banyak metode pembelajaran inovatif yang dapat digunakan oleh guru.

Sebagai seorang guru wajib untuk memberikan metode pembelajaran yang berbeda dan inovatif agar siswa lebih mudah dan lebih cepat mempelajari pelajaran yang diberikan. Saat ini mulai banyak metode pembelajaran yang bisa dicoba oleh guru dan berikut ini ulasan lengkap mengenai metode-metode pembelajaran tersebut.

Mengenal Teknik-Teknik Pembelajaran Inovatif

Pintar dan tidaknya siswa tergantung dari metode yang digunakan guru untuk mengajar materi pelajaran. Kalau guru masih menggunakan metode tradisional siswa akan kesulitan mempelajari materi dan bahkan bisa membuat siswa merasa malas untuk mengikuti proses belajar mengajar. Agar tidak terjadi hal seperti itu sebaiknya guru mencoba menggunakan salah satu metode pembelajaran yang akan diulas secara lengkap berikut ini.

Blended Learning

Blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan metode tradisional dengan metode pembelajaran secara online. Jika guru menggunakan metode ini nantinya siswa bisa belajar melalui kombinasi antara pembelajaran secara tatap muka dan pembelajaran online di waktu yang sama. Dengan memanfaatkan metode ini bisa membantu siswa untuk memperoleh pengalaman pembelajaran yang berbeda sehingga kualitas belajar siswa menjadi lebih bagus.

Siswa yang mengikuti pembelajaran online bisa memakai berbagai macam jenis sumber belajar seperti, presentasi, video yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Siswa yang mengikuti kelas tatap muka bisa langsung berinteraksi dengan guru untuk membahas materi-materi yang sudah didapatkan di internet. Guru nantinya akan menjelaskan materi yang sudah diperoleh siswa agar lebih memahami materi-materi tersebut.

Game Based Learning

Game based learning merupakan metode yang sangat disukai siswa karena metode ini memanfaatkan game atau permainan sebagai alat untuk mengajarkan dan menerangkan materi pelajaran. Guru yang memakai metode ini nantinya akan mempersiapkan game yang dijadikan sarana untuk mengajarkan konsep-konsep belajar dan materi pelajaran tertentu kepada siswa.

Jenis game yang bisa digunakan sangat beragam, mulai dari game mobile, game online atau game yang dibuat secara khusus untuk mempermudah proses pembelajaran. Metode ini sangat cocok digunakan di era modern seperti saat ini.

Alasannya karena metode ini dapat membuat siswa bisa belajar sambil bermain sehingga mereka tidak merasa bosan dan merasa lebih santai saat belajar. Untuk guru yang tertarik dengan metode ini bisa menciptakan game sendiri atau bisa juga mencontoh salah satu game yang sudah ada di internet.

Baca juga : Tren Pendidikan Tinggi Terbaru di Tahun 2024

Collaborative Learning

Collaborative learning juga sangat cocok digunakan saat ini karena metode ini melibatkan siswa agar bekerja sama dengan teman sekelas di dalam sebuah kelompok untuk menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah tertentu.

Dalam penerapan metode ini, guru akan membuat beberapa kelompok diskusi terlebih dahulu. Kelompok ini dibuat berdasarkan kemampuan masing-masing siswa jadi bukan siswa yang menentukan kelompoknya sendiri.

Metode ini mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran karena siswa diharuskan untuk berinteraksi dengan sesama anggota kelompok agar bisa menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru.

Siswa juga bisa belajar dari pemikiran dan pengalaman teman sehingga bisa meningkatkan kemampuan yang mereka miliki. Agar metode ini bisa berjalan dengan baik maka guru harus memantau setiap kelompok diskusi yang ada agar siswa lebih fokus berdiskusi.

Flipped Classroom

Flipped classroom merupakan metode pembelajaran yang cukup unik dibandingkan metode pembelajaran. Dalam metode ini, guru tidak memberikan materi saat proses belajar mengajar dimulai melainkan materi diberikan saat kelas belum dimulai.

Jadi sebelum kelas dimulai, siswa bisa mempelajari materi pelajaran terlebih dahulu sebelum guru menerangkan materi tersebut. Setelah siswa berada di dalam kelas, siswa akan memanfaatkan waktu yang dimilikinya untuk berdiskusi dan mengerjakan tugas yang berkaitan dengan materi yang sudah dipelajarinya.

Metode ini memungkinkan siswa untuk lebih mudah mempelajari materi dengan waktu yang jauh lebih fleksibel sehingga siswa bisa menyesuaikan waktu untuk belajar dengan jadwal aktivitas harian yang mereka miliki. Selain itu, metode ini juga bisa mendorong siswa agar lebih aktif di dalam kelas karena sebelumnya siswa sudah mempelajari materi secara mandiri.

Personalized Learning

Personalized learning sangat disarankan untuk digunakan karena metode ini merupakan metode yang dapat menyesuaikan proses pembelajaran dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Guru yang menggunakan metode ini bisa mempelajari tingkat kecepatan belajar siswa kemudian bisa memilih materi atau tugas yang disesuaikan dengan kemampuan milik siswa.

Metode ini sangat cocok digunakan di kelas yang memiliki siswa dengan tingkat kecepatan dan kemampuan belajar yang berbeda-beda. Dengan menggunakan metode ini nantinya siswa akan memperoleh pengalaman belajar yang jauh lebih efektif karena siswa bisa belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang mereka miliki.

Kontekstual

Metode ini dapat diterapkan supaya siswa tidak mudah merasa bosan saat mendengarkan materi yang guru berikan. Guru bisa mengontrol suasana di dalam kelas dengan melakukan sesi tanya jawab sesuai materi pelajaran secara kontekstual. Artinya adalah setiap pertanyaan yang guru berikan sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan siswa.

Metode seperti ini selain bisa membantu siswa untuk lebih cepat memahami materi juga bisa memotivasi siswa agar aktif bertanya ke guru. Untuk guru yang tertarik menggunakan metode ini bisa menyesuaikan pertanyaan terlebih dahulu sebelum diberikan ke siswa sewaktu proses pembelajaran berlangsung.

Baca juga : Platform Pembelajaran Online: Manfaat dan Contoh Platformnya

Problem Solving

Metode yang terakhir ini merupakan metode pembelajaran yang cukup populer di abad 21. Cara kerja metode ini adalah mencari solusi dari sebuah permasalahan. Jadi saat proses belajar mengajar, guru akan menerangkan sebuah permasalahan kemudian mendiskusikan permasalahan tersebut dengan siswa.

Dari diskusi ini nantinya akan didapatkan jawaban dan juga solusi yang dapat menjadi pengetahuan baru bagi siswa. Banyak yang mengira metode ini sama seperti metode pembelajaran berbasis masalah tapi aslinya kedua metode ini memiliki perbedaan yang sangat jelas yaitu terletak pada hal yang dibahas. Kalau metode ini fokus terhadap masalah sedangkan untuk metode berbasis masalah lebih menitikberatkan pada cara penyelesaian masalah.

Manfaat Menggunakan Metode Pembelajaran Inovatif

Penggunaan metode inovatif di dalam proses belajar mengajar memberikan banyak sekali manfaat untuk siswa dan guru. Salah satu contoh manfaat yang bisa dirasakan adalah meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas ini bisa terjadi karena siswa bisa lebih mudah untuk memahami semua materi dengan cara yang lebih menyenangkan dan menarik.

Manfaat lainnya adalah siswa menjadi lebih kreatif dikarenakan metode ini bisa membuat siswa berinteraksi dengan materi menggunakan metode yang berbeda-beda. Kalau siswa sudah kreatif nantinya tidak mengalami masalah saat dihadapkan dengan permasalahan yang muncul sewaktu mengikuti kegiatan belajar mengajar.