Dampak Positif dan Negatif Teknologi Pada Masyarakat

By | October 24, 2023

Teknologi saat ini sudah mengalami banyak sekali perkembangan dan tentunya bisa memberikan banyak sekali dampak baik bagi masyarakat. Terlebih penyebaran teknologi saat ini pun sedang dimaksimalkan, sehingga sudah sebagian besar masyarakat bisa mengakses teknologi tersebut. Pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan apa saja sih dampak positif dan juga negatif dari teknologi bagi masyarakat.

Dampak Positif Teknologi

Teknologi itu memang diinovasikan untuk bisa membantu manusia dalam melakukan berbagai macam tugas dan juga pekerjaan manusia. Jadi sudah pasti teknologi itu memiliki berbagai macam dampak positif bagi masyarakat yang kemudian bisa dimanfaatkan dengan baik. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih dampak positif teknologi yang bisa dirasakan masyarakat dan bisa dimanfaatkan.

1. Lebih Mudah Mendapatkan Informasi

Teknologi internet saat ini tengah mengalami perkembangan, di mana aksesnya semakin cepat dan juga saat ini semakin luas. Teknologi internet ini sangat membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan beragam informasi yang dibutuhkan dan diinginkan dengan mudah. Jadi masyarakat sekarang ini bisa mengakses beragam informasi, sehingga pengetahuan yang dimiliki pun bisa jadi lebih luas.

Informasi memang di masa sekarang sangat berguna, karena bisa membuka pandangan baru untuk bisa melakukan inovasi terbaru. Selain itu juga informasi atau update berita terkini yang terjadi di seluruh dunia pun bisa diakses dengan mudah dengan internet.

2. Meningkatkan Produktivitas

Teknologi saat ini pun sudah membuat adanya beberapa aplikasi dan sistem informasi yang bisa dipergunakan untuk meningkatkan produktivitas. Beberapa pekerjaan seperti misalnya pembuatan laporan keuangan pada sebuah bisnis sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan dengan aplikasi khusus sebuah bisnis bisa meningkatkan produktivitas mereka secara signifikan, karena mudah dilakukan.

Produktivitas ini sendiri sangat penting bagi masyarakat, karena mereka jadi bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan waktu yang lama bisa segera diselesaikan dengan adanya teknologi yang terbaru ini. Belum lagi dalam dunia industri, di mana produksi sebuah produk bisa jauh lebih efektif dan juga efisien dengan menggunakan teknologi.

3. Bisa Mengembangkan Berbagai Bidang

Teknologi itu bisa mengembangkan berbagai bidang dalam kehidupan mulai dari kesehatan sampai dengan pendidikan misalnya. Salah satu contoh yang terjadi di Indonesia saat ini adalah bidang pendidikan, di mana teknologi membantu mengembangkan pendidikan saat ini. Jadi dunia pendidikan bisa memanfaatkan internet untuk bisa membuat kelas online misalnya yang bisa menjangkau masyarakat lebih mudah.

Selain itu juga dalam metode pembelajaran pun sudah semakin menarik saat ini karena adanya teknologi yang semakin berkembang. Mulai dari metode game dengan berbagai macam aplikasi sampai dengan penyampaian materi pun juga lebih menarik dengan adanya teknologi.

Selain itu juga dibidang kesehatan teknologi jelas membantu perkembangannya mulai dari pelayanan sampai dengan perkembangan obat dan lain sebagainya. Pelayanan kesehatan menjadi semakin baik dan juga semakin cepat dengan adanya teknologi sistem yang membuat semuanya terintegrasi. Selain itu juga dengan teknologi orang jadi semakin memahami suatu penyakit dan mencoba mencari cara untuk mengobatinya.

Baca juga : Prospek Masa Depan Kerja Jarak Jauh

4. Memudahkan Orang Untuk Belajar

Teknologi saat ini sudah memudahkan orang untuk bisa mempelajari sesuatu, mulai dari teknologi internet sampai dengan aplikasi. Saat ini sudah ada aplikasi yang bisa membimbing kalian untuk bisa mempelajari sesuatu bidang dengan baik dan juga mendalam. Terlebih ada praktik yang tersedia di aplikasi untuk memastikan kalau kalian sudah benar-benar bisa menguasai bidang tersebut dengan baik.

Teknologi pun sudah bisa memberikan evaluasi untuk mengetahui bagaimana skill dan pemahaman yang kita miliki dalam satu bidang. Hal ini akan sangat membantu dalam proses belajar berbagai macam bidang yang diinginkan.

5. Bisa Berkomunikasi Meski Jarak Jauh

Internet mampu membantu komunikasi antar satu orang dengan yang lainnya meskipun mungkin jaraknya yang semakin jauh. Selain teknologi internet juga ada teknologi video call yang memanfaatkan kamera depan dari smartphone untuk bisa saling melihat. Teknologi saat ini memungkinkan kita untuk bisa berkomunikasi secara optimal meskipun mungkin jaraknya memang sangat jauh.

Terlebih saat ini sudah ada teknologi sosial media yang membuat setiap orang bisa tetap mengetahui keadaan seseorang meskipun jaraknya jauh. Sosial media pun saat ini sudah menyediakan fitur komunikasi seperti pesan pribadi yang bisa dipakai untuk berkomunikasi satu sama lain.

6. Membantu Membaca Tren Dalam Bisnis

Teknologi saat ini juga sudah memungkinkan kita untuk membaca tren, di mana ini sangat penting dalam bisnis lho. Sistem analisis saat ini sudah semakin baik dan juga semakin cepat dengan teknologi, bahkan sudah ada aplikasi khusus untuk melakukan analisa tersebut. Sistem analisis ini akan membantu kita membaca tren dalam bisnis dan membuat bisnis mengambil langkah yang tepat dalam pengembangannya.

7. Peningkatan Hiburan

Akses terhadap hiburan itu semakin mudah dan juga cepat dengan adanya perkembangan teknologi seperti internet dan sosial media. Berbagai konten hiburan baik itu komedi dan lain sebagainya bisa diakses dengan mudah saat ini dengan teknologi internet yang berkembang. Jadi orang bisa lebih mudah mendapatkan penghiburan saat ini, bahkan hanya dengan smartphone saja sudah bisa mengaksesnya dengan mudah.

8. Kemudahan Dalam Navigasi

Teknologi Maps saat ini juga sudah berkembang, di mana sudah ada banyak tempat yang sudah ditelusuri di seluruh Indonesia. Teknologi ini sangat membantu masyarakat dalam hal navigasi, sehingga memungkinkan orang untuk bisa menemukan suatu tempat dengan mudah. Orang jadi tidak bingung lagi saat harus mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi dengan menggunakan teknologi ini.

Teknologi ini pun sudah banyak dipergunakan saat ini dan salah satunya adalah untuk pengiriman barang dan juga ojek. Orang jadi lebih mudah menuju tempat yang ingin dituju dengan teknologi saat ini karena sudah ada petunjuk yang cukup jelas dan mudah dipahami.

Baca juga : Berbagai Upaya Penting Mitigasi Perubahan Iklim

9. Membuka Peluang Bisnis Baru

Teknologi juga membuka peluang bisnis baru yang mungkin sebelumnya tidak ada di masyarakat dan membuka kesempatan orang untuk sukses. Mulai dari teknologi internet, sosial media, aplikasi, program, sistem analisis dan lain sebagainya membuka banyak peluang bisnis baru. Apabila orang bisa memanfaatkan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin mereka bisa mendapatkan kesuksesan.

Dampak Negatif Teknologi

Meskipun memiliki cukup banyak dampak positif, teknologi yang terus berkembang pun memberikan banyak dampak negatif. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja dampak negatif dari teknologi yang berkembang dengan cepat seperti sekarang.

1. Orang Bergantung Pada Teknologi

Teknologi yang berkembang terlalu cepat terkadang membuat orang tidak benar-benar memahami konsep dari ilmu yang digeluti. Orang jadi hanya bergantung pada teknologi tanpa benar-benar memahami dan juga menguasai bidang tersebut dengan baik. Ini sebenarnya cukup fatal, karena orang jadi tidak bisa berkembang dan hanya mengandalkan teknologi yang sudah ada saja.

2. Sulit Mencari Informasi Valid

Informasi memang semakin mudah didapatkan, akan tetapi semakin sulit untuk bisa mendapatkan informasi yang benar dan juga valid. Begitu banyak informasi yang bisa dimasukkan di internet dan bisa diakses dengan mudah juga oleh setiap orang di berbagai tempat. Hal ini justru membuat meledaknya jumlah informasi dan akan semakin sulit untuk bisa mengetahui mana informasi yang benar dan yang hoax.

Jadi wajar kalau akhirnya banyak orang yang sekarang ini salah informasi dan akhirnya memiliki pandangan yang salah akan suatu hal. Meskipun sulit mencari informasi yang valid, tapi kita bisa mencoba mengidentifikasi pemberi informasi yang kredibel dan terpercaya.

3. Interaksi Sosial Berkurang

Teknologi sekarang ini terutama smartphone memang memudahkan banyak aktivitas dan tugas, akan tetapi membuat interaksi sosial berkurang. Kebanyakan orang saat ini lebih banyak berinteraksi secara online saja, sehingga interaksi sosial langsung pun jadi jauh berkurang. Terlihat pada masa sekarang orang berkumpul lebih asyik fokus pada smartphone, padahal sebenarnya bisa berinteraksi sosial secara langsung.

Beberapa penelitian pun menjelaskan kalau saat ini orang mulai tidak memiliki kemampuan interaksi sosial secara langsung. Hal ini sangat berbahaya, karena pada dasarnya interaksi sosial langsung itu merupakan kebutuhan manusia dan bisa menjadi pereda stres.

4. Kejahatan Cyber Semakin Berkembang Juga

Kejahatan cyber dengan memanfaatkan teknologi pun ikut berkembang juga seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat. Ada banyak kejahatan cyber mulai dari hacking sampai menyebarkan malware yang bisa merusak device atau mencuri data. Jadi orang harus benar-benar makin waspada pada saat menggunakan teknologi, supaya tidak terkena serangan dari kejahatan cyber itu.

Tips Memanfaatkan Teknologi Dengan Baik

Sisi positif atau negatif dari teknologi ini sendiri tergantung dari bagaimana orang yang mempergunakan teknologi tersebut seperti apa. Berikut ini beberapa tips untuk memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar.

  1. Kuasai dulu ilmu dasar dari sebuah teknologi tersebut, sehingga nantinya kita tidak akan ketergantungan dengan teknologi tersebut. Penguasaan yang baik sendiri bisa membuat kita mempergunakan teknologi dengan maksimal dan akan menghasilkan output yang maksimal juga.
  2. Batasi penggunaan teknologi untuk supaya kita bisa tetap berinteraksi secara langsung dengan orang lain tanpa menggunakan smartphone. Pembatasan ini pun bisa membantu menjaga kesehatan mental kita, karena sosial media itu terkadang bisa menyerang kesehatan mental kita.
  3. Pergunakan teknologi secara positif dan juga bertanggung jawab, karena kejahatan pun bisa dilakukan dengan mudah menggunakan teknologi. Jadi nanti akan bisa membangun ekosistem teknologi yang positif dan juga aman.

Kesimpulan

Jadi teknologi itu sebenarnya adalah sebuah inovasi yang memang sangat membantu kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Berbagai tugas, pekerjaan, dan tujuan bisa dijalankan dengan lebih mudah dan juga lebih cepat dengan adanya teknologi ini. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan teknologi selama dipergunakan dengan cara yang baik dan benar.

Teknologi saat ini berkembang terlalu cepat, sehingga sering kali orang tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi itu dengan baik. Jadi terkadang inovasi teknologi terbaru itu tidak bisa dieksplorasi secara maksimal karena keterbatasan dari manusia itu sendiri. Sebaiknya manusia saat ini perlu terus belajar untuk mengikuti perkembangan teknologi supaya tidak dimanfaatkan teknologi tapi memanfaatkan teknologi.